2 Manfaat eceng gondok

Berbagai informasi tentang 2 manfaat eceng gondok untuk kesehatan yang belum banyak orang mengetahuinya. Seluruhnya komponen tanaman eceng gondok ini dapat digunakan. Pertama, menurut berbagai riset eceng gondok dapat mengikat unsur logam di air. Maka dari itu tanaman ini cuma pas hidup di air yang kotor dibanding air bersih. Ke-2, daunnya dapat digunakan bahan pakan ternak. Ketiga, seratnya dapat digunakan bahan kerajinan tangan serta telah banyak diekspor ke luar negeri. Ke empat, batangnya dapat digunakan penyangga rangkaian bunga. Kesempatan inilah, menurut Yeni, belum optimal digunakan oleh orang-orang, hingga belum ada yang hingga membudidayakan eceng gondok di Bali.

2 Manfaat eceng gondok untuk kesehatan dan pupuk organik

manfaat eceng gondok

Selain di kenal dengan nama eceng gondok, nyatanya dibeberapa daerah di Indonesia, eceng gondok memiliki nama lain seperti di daerah Palembang di kenal dengan nama Kelipuk, di Lampung di kenal dengan nama Ringgak, di Dayak di kenal dengan nama Ilung-ilung, di Manado di kenal dengan nama Tumpe.

Kandungan eceng gondok

Unsur SiO2, calsium (Ca), magnesium (Mg), kalium (K), natrium (Na), chlorida (Cl), cupper (Cu), mangan (Mn), ferum (Fe) dan banyak lagi.

Pada akarnya terdapat senyawa sulfate dan fosfat. Daunnya kaya senyawa carotin dan buunganya mengandung delphinidin-3-diglucosida. Dengan seluruh kandungan kimia yang ada itu, enceng gondok dapat menyembuhkan tenggorokan terasa panas, kencing tidak lancar, biduran dan bisul. Kandungan senyawa penting tadi terdapat diseluruh organ tanaman dari akar samapai daun ddapat dimanfaatkan sebagai bahan obat tradisional.

Memanfaatkan eceng gondok untuk pengobatan alami

  • Untuk menyembuhkan bisul

Siapkan daun atau akar enceng gondok fresh seperlunya. Lalu bahan tadi dilumatkan hingga halus, lalu ditambahkan garam seperlunya, lalu ditempelkan pada bisul.

  • Menyembuhkan kencing tak lancar serta biduran

Batang enceng gondok segar di rebus, lalu air rebusannya di dinginkan lalu diminum. Cuma dengan penyembuhan tradisional itu, air seni dapat lancar (Agrobis).

Selain itu eceng gondok juga bagus untuk makanan ternak, sebagai bahan bakar alternatif, dibuat pupuk organik yang bisa menyuburkan tanaman.

Sumber http://www.siherbal.com/gastric-health-tablet-obat-maag/

Tags: ,manfaat eceng gondok ,eceng gondok ,enceng gondok ,manfaat enceng gondok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *