Apa penyebab mata minus cepat bertambah

Apa penyebab mata minus cepat bertambah ? Rabun jauh yang berlangsung pada mata atau kerap di kenal dengan mata minus nyatanya dikarenakan oleh mata yang dipaksa terus-menerus untuk berusaha keras. Mengakibatkan, pandangan jarak jauh juga bakal jadi buram serta tak terang.

Apa penyebab mata minus cepat bertambahMata yang bekerja terlampau keras dikarenakan oleh biasanya lihat dalam jarak dekat. Dokter pakar ophtalmologi, Tjahjono D. Gondhowiardjo, menyampaikan bahwa rutinitas lihat dalam jarak dekat dengan insitas yang tinggi, harus bakal mengakibatkan pandangan jadi kabur.

Kalau kita lihat dekat terus-terusan pakai layar monitor atau handphone dengan jarak dekat, mata kita dipaksa untuk kerja terus. Akhirnya bola matanya teregang-regang.

Peregangan yang terjadi pada bola mata itulah yang mengakibatkan mata mengalami rabun jauh atau minus. “Kalau teregang mau enggak mau jadi minus. Terutama pada umur pertumbuhan anak-anak. Dan kalau sudah ada minus seharusnya langsung dikoreksi,” ujar Tjahjono.

Jika anak kecil yang sudah menderita mata minus, tidak segera diperiksakan ke dokter, secara otomatis minus matanya akan bertambah terus menerus. Ketika tak segera diatasi, matanya dipaksa bekerja lebih keras, peregangan akan semakin tinggi. Akibatnya minus semakin tinggi.

“Ketika anak-anak bertambah tinggi maka badan bola matanya akan tambah besar,” ujarnya. “Kalau bola matanya tambah besar mau enggak mau minusnya tambah besar.”

Oleh sebab itu, mata anak-anak yang menderita minus harus diperiksa setiap 6 bulan sekali. Pemeriksaan rutin itu harus berlanjut sampai umur sang anak mencapai 18 tahun. “Kalau sudah umur 18 umumnya enggak ada pertambahan lagi,” ungkap Tjahjono.

Sementara itu, jika sudah di atas umur 18 tahun masih mengalami pertambahan minus, hal itu bisa disebabkan oleh dua hal, yaitu kelainan bawaan dan faktor lingkungan.

“Kalau di atas 18 tahun bertambahnya progresif (tinggi dan cepat) itu memang kelainan bawaan. Genetiknya dia minusnya bisa tinggi. Makanya ada yang minus sampai 28,” papar Tjahjono.

Sebaliknya, pertambahan minus sedikit demi sedikit di usia lebih dari 18 tahun, kemungkinan disebabkan oleh faktor lingkungan yang memaksa. Misalnya, lingkungan kerja yang mengharuskan melihat layar terus-menerus atau bekerja di tempat yang agak gelap.

Untuk mencegah dan mengatasi mata minus tidak semakin parah, atau bertambah banyak minusnya kami sarankan anda untuk mengkonsumsi obat mata minus eye care softgel yang dimana sudah terbukti ampuh dan aman untuk mengatasi mata minus secara alami, untuk info selengkapnya silahkan klik cara mengobati mata minus

Itulah informasi mengenai penyebab mata minus cepat bertambah, semoga bisa bermanfaat banyak untuk anda semua.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *