Masih banyak orang yang tidak mengetahui akan khasiat dan manfaat bunga rosella untuk kesehatan, atas dasar itu kami akan membahasnya bagi anda semua.

Apa benar ada manfaat dan khasiat rosella bagi kesehatan ?

Kelopak bunga Rosela bisa di ambil juga sebagai bahan minuman segar berbentuk sirup serta teh, jus, selai serta minuman, terlebih dari tanaman yang berkelopak bunga tidak tipis, yakni Rosela Merah. Kelopak bunga itu memiliki kandungan vitamin C, vitamin A, serta asam amino yang sangat tinggi. Asam amino yang dibutuhkan badan, 18 salah satunya ada pada kelopak bunga Rosela, termasuk juga arginin serta legnin yang bertindak dalam sistem peremajaan sel badan. Diluar itu, Rosela juga memiliki kandungan protein serta kalsium yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 
Manfaat dan khasiat rosella bagi kesehatan
Di Malaysia, Roselle juga dimaksud Asam paya, Asam kumbang atau Asam susur, adalah tumbuhan yang memiliki keluarga yang sama juga dengan bunga raya/sepatu (Hibiscus rosasinensis). Tumbuhan Roselle ada yang menyampaikan datang dari India namun ada pula pendapat yang menyampaikan Roselle datang dari Afrika Barat. Tumbuhan Roselle ini awal mulanya dikenalkan di Malaysia mulai sejak kian lebih tiga abat yang lampau. Di India Barat dimaksud dengan Jamaican Sorrel. 
Pohon Roselle tumbuh dari biji/benih dengan ketinggian yang dapat meraih 3 – 5 mtr. dan keluarkan bunga nyaris selama th.. Bunga Roselle berwarna cerah, Kelopak bunga atau kaliksnya berwarna merah gelap serta lebih tidak tipis bila dibanding dengan bunga raya/sepatu. Sisi bunga Roselle yang dapat diolah jadi makanan adalah kelopak bunganya (kaliks) yang memiliki rasa yang sangat masam. Kelopak bunga ini dapat diolah jadi pelbagai type makanan seperti minuman, jelly, saos, serbuk (teh) atau manisan Roselle. Daun muda Roselle dapat pula dikonsumsi juga sebagai ulam atau salad. Disamping itu di Afrika, biji Roselle dikonsumsi lantaran diakui memiliki kandungan minyak spesifik. Di Sudan, Roselle diolah jadi minuman tradisional yang diberi nama Karkadeh serta adalah minuman kebangsaan orang Sudan.
Tumbuhan herbal ini nyatanya dapat berperan juga sebagai bahan antiseptik, penambah syahwat, agen astringen. Tanaman ini dapat banyak dipakai dalam penyembuhan tradisional seperti batuk, lemas, lesu, demam, cemas, gusi berdarah (skurvi) serta anti penyakit hati. Bunga Roselle banyak dipakai untuk pembuatan juice, saos, sirup serta sebagai bahan pewarna pada makanan. 
Ekstrak dari kuncup bunganya nyatanya dapat berperan juga sebagai antispasmodik (penahan kekejangan), antihelmintik serta antibakteria. Diluar itu rosella nyatanya dapat turunkan kandungan penyerapan alkohol. Daun tumbuhan herbal ini dapat dapat dipakai untuk menjaga luka, penyakit kulit serta gigitan pada tubuh.
Di India, biji Roselle dipakai untuk menyembuhkan penyakit kulit, kekurangan darah serta lemah.
Kandungan senyawa pada bunga rosella dalam 100 g
  1. Air 9.2 g
  2. Protein 1.145 g
  3. Lemak 2.61 g
  4. Serat 12.0 g
  5. Abu 6.90 g
  6. Kalsium 1,263 mg
  7. Fosforus 273.2 mg
  8. Zat Besi 8.98 mg
  9. Karotena 0.029 mg
  10. Thiamine 0.117 mg
  11. Riboflavin 0.277 mg
  12. Niacin 3.765 mg
  13. Asid Askorbik 6.7 mg
Khasiat dan manfaat kelopak bunga Roselle 

  • Bisa kurangi kepekatan/kekentalan darah 
  • Menolong sistem pencernaan 
  • Menghindar peradangan pada saluran kencing serta ginjal 
  • Penyaring toksin pada badan 
  • Menghindar kekurangan Vitamin C 
  • Memperlancar peredaran darah 
  • Memperlancar buang air besar 
  • Turunkan kandungan penyerapan alkohol 
  • Penahan kekejangan 
  • Penyakit yang bisa diobati : 
  • Kanker 
  • Desakan Darah Tinggi (Hipertensi) 
  • Batu Ginjal 
  • Batuk 
  • Lemah syahwat
Untuk mendapatkan khasiat rosella anda bisa mengolahnya sendiri dirumah, namun bagi anda yang tidak mempunyai waktu kami sudah menyiapkan obat herbal dari bahan alami seperti kulit manggis dan bunga rosella untuk info selengkapnya klik khasiat ace maxs

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here